Monday, April 24, 2017

Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan

Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan – Kehamilan memang merupakan salah satu hal yang menggembirakan semua pasanga, terlebih jika sudah lama menantikan adanya buah hati dalam kehidupan pernikahan. Tentu saja hal yang penting dalam menyambut kehamilan dan menjalaninya adalah bisa mengetahui usia kehamilan. Mengetahui usia kehamilan merupakan hal penting yang mesti anda ketahui dan lakukan, karena akan berpengaruh terhadap persiapan anda dan penjagaan asupan nutrisi yang tepat, sesuai usia kehamilan.

Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan

Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan

Untuk menghitung usia kehamilan ini sendiri, bisa dilakukan dengan bermacam – macam cara yang mudah dilakukan. Biasanya cara – cara tersebut ini sendiri, erat kaitannya dengan perhitungan masa haid anda sendiri. Nah, untuk anda yang penasaran bagaimana menghitung usia kehamilan yang mudah dilakukan, maka berikut ini adalah beberapa ulasan dalam menghitung usia kehamilan dengan cara yang mudah, yang bisa anda coba lakukan berikut ini.
Menghitung Usia Kehamilan Dengan Cara Mudah.

1. Kalender masa haid
Cara yang pertama adalah dengan sistem kalender masa haid. Dalam kehamilan priode masa haid memang berpengaruh dan penting untuk diketahui. Maka anda bisa menghitungnya jika memiliki siklus menstruasi antara 28 hingga 30 hari lamanya. Masa haid terakhir menggunakan X dan bulannya menggunakan Y. Dan juga tahun kehamilan menggunakan Z. Maka, rumus yang bisa anda gunakan untuk melihat HPHT adanya dengan (x+7)-(y-3)-(z+1). Misalnya saja, anda mengalami HPHT pada 16 April 2014, rumusnya sendiri adalah (16+7)-(4-3)-(14+1) maka anak anda akan lahir sekitar tanggal 23 Januari 2015. Yang mana hal ini bisa menjadi perhituangan yang tepat, jika anda memiliki periode masa menstruasi yang teratur.
Baca Juga : Waktu Yang Tepat Untuk Perawatan Kulit
2. Sistem fundus urteri
Selain itu, cara yang lainnya dalam menghitung usia kehamilan adalah dengan menggunakan sistem fundus urteri, dimana caranya adalah dengan meraba bagian fundus urteri atau bagian puncak rahim. Cara yang menghitungnya bisa dari puncak tulang kemaluan. Jika jarak antara tulang kemaluan hingga fundus urteri 28 cm sekitarnya, maka usia kehamilan anda bisa jadi berada dalam rentang usia 28 minggu. Dan hal ini juga berlaku seterusnya. Biasanya, setiak dua jari, akan menjadi pertanda usia kehamilan anda berada dalam kurun waktu 2 minggu.

3. USG
Hal lainnya adalah dengan melakukan proses USG. Cara yang satu ini, tentu saja merupakan salah satu hal yang efektif dan mudah dilakukan. Ketepatan perhitungannya sendiri hampir 95 persen. Selain bisa memperkirakan usia kehamilan anda, dengan menggunakan USG ini sendiri, tentu saja berperan untuk mengetahui kondisi janin, dengan foto janin yang bisa anda lihat secara langsung. Tepatnya jika ingin melakukan pemeriksaan dengan USG, ada baiknya dilakukan ketika usia kehamilan 8 hingga 18 minggu, yang merupakan waktu terbaik untuk pemeriksaan USG.

Nah, itulah beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk membantu menghitung usia kehamilan anda. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment